Rangkuman materi pertemuan 1 Lintang Yusuf Ardhillah



Tujuan Pembelajaran Pada Pertemuan 1

Mahasiswa diharapkan memahami:

Jenis-jenis komputer dan perangkat digital (laptop, tablet, desktop, server)

Fungsi perangkat mobile dan game (smartphone, kamera digital, e-book reader, wearable, dll.)

Hubungan antara data dan informasi

Opsi input/output dan penyimpanan data

Perbedaan web dan internet, serta komponen web (situs, halaman, server)

Fungsi browser, mesin pencari, dan media sosial

Risiko keamanan digital (virus, malware, privasi, kesehatan, lingkungan)

Perbedaan sistem operasi dan aplikasi

Teknologi jaringan kabel vs nirkabel


Subtopik Utama

1. Komputer dan Perangkat Digital

Laptop, tablet, desktop, server – masing-masing memiliki fungsi dan bentuk berbeda.

2. Perangkat Mobile dan Game

Smartphone, kamera digital, pemutar media, e-book reader, wearable, dan konsol game.

3. Data dan Informasi

Data = bahan mentah; Informasi = hasil olahan yang bermakna. Komputer memproses data menjadi informasi.

4. Web dan Internet

Internet = jaringan global; Web = layanan berbasis halaman. Browser dan mesin pencari digunakan untuk akses dan eksplorasi.

5. Keamanan dan Privasi Digital

Ancaman: virus, malware, pelanggaran privasi. Solusi: antivirus, kata sandi kuat, green computing.

6. Program dan Aplikasi

Sistem operasi (Windows, macOS, Linux) vs aplikasi (Word, browser, game). Instalasi dan pengembangan juga dibahas.

7. Komunikasi dan Jaringan

Teknologi komunikasi: Wi-Fi, Bluetooth, radio seluler. Jaringan menghubungkan perangkat untuk berbagi data.

8. Penggunaan Teknologi

Teknologi digunakan di berbagai bidang: pendidikan, kesehatan, pemerintahan, hiburan, keuangan, manufaktur, dll.


 Kesimpulan

Modul ini memberikan pemahaman dasar tentang perangkat teknologi, cara kerja komputer, internet dan web, keamanan digital, serta aplikasi teknologi dalam kehidupan sehari-hari.











Komentar