Rangkuman materi pertemuan 1 Lintang Yusuf Ardhillah

Tujuan Pembelajaran Pada Pertemuan 1
Mahasiswa diharapkan memahami:
• Jenis-jenis komputer dan perangkat digital (laptop, tablet, desktop, server)
• Fungsi perangkat mobile dan game (smartphone, kamera digital, e-book reader, wearable, dll.)
• Hubungan antara data dan informasi
• Opsi input/output dan penyimpanan data
• Perbedaan web dan internet, serta komponen web (situs, halaman, server)
• Fungsi browser, mesin pencari, dan media sosial
• Risiko keamanan digital (virus, malware, privasi, kesehatan, lingkungan)
• Perbedaan sistem operasi dan aplikasi
• Teknologi jaringan kabel vs nirkabel
Subtopik Utama
1. Komputer dan Perangkat Digital
Laptop, tablet, desktop, server – masing-masing memiliki fungsi dan bentuk berbeda.
2. Perangkat Mobile dan Game
Smartphone, kamera digital, pemutar media, e-book reader, wearable, dan konsol game.
3. Data dan Informasi
Data = bahan mentah; Informasi = hasil olahan yang bermakna. Komputer memproses data menjadi informasi.
4. Web dan Internet
Internet = jaringan global; Web = layanan berbasis halaman. Browser dan mesin pencari digunakan untuk akses dan eksplorasi.
5. Keamanan dan Privasi Digital
Ancaman: virus, malware, pelanggaran privasi. Solusi: antivirus, kata sandi kuat, green computing.
6. Program dan Aplikasi
Sistem operasi (Windows, macOS, Linux) vs aplikasi (Word, browser, game). Instalasi dan pengembangan juga dibahas.
7. Komunikasi dan Jaringan
Teknologi komunikasi: Wi-Fi, Bluetooth, radio seluler. Jaringan menghubungkan perangkat untuk berbagi data.
8. Penggunaan Teknologi
Teknologi digunakan di berbagai bidang: pendidikan, kesehatan, pemerintahan, hiburan, keuangan, manufaktur, dll.
Kesimpulan
Modul ini memberikan pemahaman dasar tentang perangkat teknologi, cara kerja komputer, internet dan web, keamanan digital, serta aplikasi teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
Komentar
Posting Komentar